Tips Latihan Kardiovaskular

Berikut ini adalah beberapa tips praktis tiga latihan kardiovaskular yaitu berlari (baik memakai treadmill atau tidak), menggunakan stair master dan stationary bicycle.

A. Berlari (
Running)

  • Gunakan sepatu khusus berlari yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki
  • Jangan lupa lakukan pemasasan dan peregangan secukupnya
  • Pada saat berlari menapaklah dengan tumit, kecuali untuk lari sprint sebaiknya menapak dengan jari-jari kaki. Untuk gerakan berotasi gunakan juga jari-jari kaki.
  • Batasi gerakan vertikal, jangan bergerak seperti membanting atau melantingkan badan. Sebaiknya luweskan gerakan badan Anda.

B. Stair Master

  • Lakukan pemanasan dan peregangan secukupnya
  • Gunakan pegangan tangan (handrails) hanya untuk keseimbangan, bukan untuk bertumpu badan
  • Usahakan posisi punggung dan kepala sejajar tegak lurus vertikal
  • Jarak langkah kaki yang tepat adalah sekitar 20 – 25 cm menggunakan sekitar 15% energi

C. Stationary Bicycle

  • Lakukan pemanasan dan peregangan secukupnya
  • Hindari gerakan tubuh melentur ke samping kanan dan kiri
  • Posisikan tubuh bagian atas sedikit kearah depan dengan kepala tegak lurus menghadap ke depan (bayangkan Anda benar-benar sedang mengayuh sepeda)
  • Sesuaikan posisi sadel sehingga kaki Anda dapat lurus sepenuhnya (full leg extension) dengan pas di pijakan kayuhan sepeda

sumber : sportindo

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: