Skabies

Apa yang disebut Skabies?

Skabies disebabkan oleh kutu (serangga kecil). Kutu betina masuk ke dalam kulit dan bertelur. Telur akan menetas menjadi kutu setelah beberapa hari sehingga menyebabkan gatal dan bintik kemerahan.


Gambar kutu Skabies yang diperbesar secara elektron

Bagaimana kita dapat tertular Skabies?

Anda perlu berkontak kulit dengan kulit orang yang terinfeksi untuk dapat tertular Skabies. Kutu hidup di dalam kulit tetapi mati segera setelah ia meninggalkan kulit. Sebagian besar kasus mungkin ditularkan melalui berjabat tangan dengan orang yang terinfeksi. Tangan merupakan lokasi paling sering terinfeksi pertama kali. Tidur satu ranjang dan kontak seksual merupakan cara yang sering untuk menularkan kutu.

Apa gejala Skabies?

Gatal yang terasa seringkali sangat parah. Kulit yang gatal cenderung terfokus di satu daerah pada penularan pertama (seringkali di tangan) dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lain. Gatal cenderung menjadi lebih parah di malam hari dan setelah berendam di air panas. Bintik kemerahan biasanya muncul segera setelah gatal terjadi. Biasanya bintik berbentuk merah berbercak yang dapat terjadi di semua lokasi dalam tubuh. Seringkali yang paling jelas adalah di bagian dalam paha, bagian perut dan tumit. Jalan masuk kutu ke dalam kulit dapat terlihat sebagai garis halus berwarna gelap atau perak dengan panjang sekitar 2-10 mm. Daerah paling umum dari infeksi kutu ini adalah kulit longgar di antara jari, bagian depan pergelangan tangan dan siku, selangkangan, ketiak, di bawah payudara, skrotum dan penis. Gatal dan kemerahan pada Skabies disebabkan oleh alergi terhadap kutu.

Biasanya dibutuhkan waktu 2-6 minggu agar gejala ini terjadi setelah Anda terinfeksi (pada saat alergi terjadi). Sehingga Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda telah terinfeksi dan Anda mungkin menularkan kutu ke orang lain sebelum Anda memperlihatkan gejala. Beberapa orang yakin bahwa mereka telah ‘diliputi oleh kutu’, tetapi biasanya itu tidak terjadi. Biasanya hanya terdapat beberapa kutu di kulit tetapi alergi terhadpa kutu dapat menyebabkan Anda merasakan gatal di seluruh tubuh dan bintik merah akan terlihat di banyak bagian tubuh.

Siapa yang harus diobati?

Orang yang terkena dan semua anggota keluarga serta pasangan seksual orang yang terkena bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala. Ini dikarnakan pada kenyataannya dibutuhkan waktu 6 minggu sebelum munculnya gejala setelah Anda terinfeksi. Kontak erat dapat terinfeksi, tetapi tidak bergejala, dan dapat menularkan kutu. Catatan: semua orang harus diobati pada saat bersamaan.

Apa yang dimaksud pengobatan untuk Skabies?

Pengobatan biasanya terdiri dari krim yang membunuh kutu. Anda dapat membelinya di apotek. Anda juga dapat meminta resep dari dokter. Krim ini mudah dipakai dan biasanya bekerja dengan baik jika digunakan dengan baik. Gunakan kembali obat yang sama tujuh hari setelah pemakaian pertama. Ini akan membantu memastikan bahwa semua kutu terbunuh. Ikuti instruksi pada kemasan krim ini.

Pakaian, handuk dan sprei harus dicuci dengan mesin (dengan suhu 50 derajat celcius atau lebih) setelah terapi dimulai untuk pertama kalinya. Tindakan ini untuk mencegah infeksi ulang dan penularan ke orang lain. Barang yang tidak dapat dicuci dapat dimasukkan ke dalam kantung plastik selama setidaknya 72 jam untuk menahan kutu di tempat tersebut sampai mati.

Anda mungkin masih merasa gatal selama beberapa waktu setelah terapi berhasil. Merupakan hal yang normal jika diperlukan waktu 2-3 minggu sampai gatal tersebut sepenuhnya hilang setelah kutu dibunuh dengan obat. Krim penenang seperti crotamiton dapat membantu meringantkan gatal. Obat anti histamin seperti klofeniramin juga berguna untuk membantu Anda tidur jika gatal menganggu Anda di malam hari (terutama untuk anak-anak).

sumber : itsmylife

2 comments so far

  1. fuuzn on

    Nice, Sepertinya saya terkena penyakit ini. Kira-kira Salep untuk membunuh kutu ini apa ya? Tks

  2. fuuzn on

    Nice, Sepertinya saya terkena penyakit ini. Kira-kira Salep untuk membunuh kutu ini apa ya? Terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: