10 Tips Supaya Diet Sukses

PAKAR nutrisi Nancy Clark dari Majalah Runners World memberikan 10 tip penting bagi Anda dalam program penurunan berat badan. Dengan panduan sederhana ini diharapkan kerja keras Anda menguruskan badan mencapai hasil memuaskan. Berikut tipsnya :

1. Untuk menurunkan 10 pon lemak tubuh dalam setahun, Anda harus mengurangi asupan 100 kalori per hari. Mengurangi terlalu banyak kalori dari asupan yang direkomendasikan justru akan menurunkan kadar energi dan memicu rasa lapar. Hal itu juga akan membuat Anda rentan untuk tergoda menyantap makanan berkalori tinggi.

2. Jangan pernah melupakan sarapan. Makanlah dua jam setelah Anda bangun pagi.

3. Faktanya, Anda seharusnya lebih banyak makan pada saat sarapan. Tukar atau alihkan sebagian jatah kalori Anda untuk makan malam dengan menumpuk lebih banyak asupan kalori pada saat makan pagi atau siang.

4. Jangan biarkan diri Anda marasa lapar. Makanlah setidaknya setiap empat jam. Supaya jatah kalori untuk sehari penuh tetap terjaga, cobalah untuk membagi porsi makan. Bagi jatah makanan untuk memastikan Anda benar-benar mendapat bahan bakar sebelum dan setelah beraktivitas. Sebagai contoh, makanlah sebagian jatah sarapan sebelum Anda berjalan kaki di pagi hari dan sisanya bari dihabiskan kemudian

5. Konsumsilah sedikitnya tiga jenis dari empat jenis/kategori makanan pada setiap kali Anda makan. Empat jenis makanan tersebut adaalah : 1. Roti, sereal, gandum, 2. buah dan sayuran, 3. susu rendah lemak dan kedelai, 4. daging rendah lemak, ikan dan kacang. Karbohidrat seperti roti, sereal dan gandum merupakan fondasi dari setiap makanan Anda, sedangkan protein sebagai pelengkapnya.

6. Tentukan target penurunan lemak tubuh secara berkala. Dengan begitu, Anda akan cenderung mencapai lagi berat ideal jika berat badan Anda turun terlalu cepat.

7. Kalori dalam bentuk cairan dapat meningkatkan dan menyebabkan penambahan berat dengan cepat. Kurangi kebiasaan mengonsumi minuman kalori tinggi seperti softdrink atau soda, minuman olahraga, kopi atau alkohol.

8. Mulailah untuk menyukai makanan alami seprti buah-buahan, sayuran, gandum utuh (whole grain). Kurangi kebiasaan makanan olahan karena biasanya lebih rendah jumlah serat dan tidak mengenyangkan.

9. Jika Anda tak bisa menolak makanan cepat saji (fast food), mintalah informasi mengenai kandungan nutrisi sebelum Anda membuat pilihan atau cek lebih dulu infonya melalui website restauran. Hindari menu-menu dengan kata “fried”, “crispy” atau special sauce yang dijamin akan mengandung kalori tinggi.

10. Ingatlah. Kalori yang terkandung dalam minuman olahraga, energy bar atau gel yang dikonsumsi selama berolahraga akan menambah asupan kalori meski Anda tetap bergerak. Konsumsilah hanya ketika diperlukan.

sumber : kompas

7 comments so far

  1. aya on

    berat badanq mencapai 51 dengan tinggi badan 156,,,bagaimana caranya untuk mendapatkan tubuh yang ideal secara cepat?

  2. aya on

    berat badanq mencapai 51 kg dengan tinggi badan 156 cm,,,bagaimana caranya untuk mendapatkan tubuh yang ideal secara cepat?

  3. indra rama hendrik on

    wah kalo secar cepat saya tidak bisa menjamin itu karena bisa dari bbrapa faktor

    misal nya apakah ada faktor keturunan gemuk , apakah anda mengalami masalah pencernaan, atau mungkin makanan yang anda makan itu tidak terlalu mecukupi gizinya

    bbrapa hal yang harus di perhatikan
    untuk menggemukan badan jangan lupa sarapan
    karena sarapan itu merupakan makanan yang paling di serap oleh tubuh
    usahakan sarapan yang bergizi

    jika mempunyai masalah dengan pencernaan di harap kan pergi ke dokter atau minum jamu2 tradisional untuk mengatasinya agar tidak berkelanjutan

  4. hermancool on

    menarik sekali, aku punya artikel cara diet yang salah… jika tertarik kunjungi blogku…😀

  5. indra rama hendrik on

    wah isi blog anda juga menarik
    terima kasih atas comment nya

  6. yogapratama on

    halo…saya mau nanya berapa berat ideal saya jika tinggi saya 175 cm?karena sekarang saya memiliki berat 92kg dan umur 15 tahun(hehe…).saya sudah menjalankan program diet baru 1 minggu tapi saya merasa berat badan saya sudah turun beberapa kilo.setiap malam saya usahakan untuk tidak makan,tetapi jika dirumah ada makanan yang mengundang selera,saya hanya bergumam dalam hati dan mengatakan ini yang terakhir.tetapi jika besoknya ada makanan yg mengundang selera,saya bergumam seperti itu lagi.hehe…
    yang ingin saya tanyakan,bagaimana cara agar kita tidak tertarik pada makanan2 yg kita sukai tetapi mengandung kalori yg berlebihan.mohon diberi jawaban dan sarannya,terimakasih.

    • indra rama hendrik on

      maaf yoga kalo saya baru balas sekarang
      karena skr saya lagi ada masalah sehingga tidak bisa membuka blog setiap hari seprti dulu
      kalo setahu saya berat ideal mu itu 75 kg kalo mentok di 80kg its ok lah

      dan mengenai tidak makan malam itu salah
      kita tidak boleh kalo tidak makan malam
      karena akan membuat perut kita kosong dan menimbulkan perasaan yang besar untuk memakan sesuatu

      lebih baik anda makan sebelum jam 6 sore
      dan kalo malam laper makan buah atau minum susu aja
      jangan makan yang berlemak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: