Bagaimana saya dapat mencegah agar diri saya tidak tertular HIV?

Infeksi HIV tidak dapat diobati. Itulah alasan mengapa infeksi HIV sangat perlu dihindari. Berikut adalah opsi yang dapat dipilih:

Jangan melakukan hubungan seksual (baik oral, vaginal ataupun anal). Bagi sebagian besar orang, hal ini merupakan pilihan yang tidak realistis. Seks merupakan bagian dari hidup kita dan kita menikmatinya, maka melakukan hubungan seks bukanlah suatu masalah.
Jika Anda melakukan hubungan seks:
Lakukanlah hubungan seksual hanya dengan satu orang – jangan berganti-ganti pasangan, dan periksakan diri Anda dan pasangan untuk mengetahui apakah Anda atau pasangan terinfeksi HIV atau tidak, terutama jika Anda dan pasangan ingin melakukan hubungan seks tanpa pelindung
Gunakan kondom dan pelicin yang berbahan dasar air, khususnya untuk seks anal dan vaginal, setiap saat Anda akan melakukan hubungan seksual.
Jika Anda melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu pasangan, maka strategi untuk mengurangi risiko adalah dengan:
Mengurangi jumlah pasangan dan jumlah hubungan seksual yang Anda lakukan.
Mengurangi atau membatasi jenis hubungan seksual yang Anda lakukan bersama pasangan, yaitu dengan lebih sering melakukan oral seks, masturbasi bersama, berhubungan seks dengan cara menjepit di paha, menggesek dan pelukan, serta kurangi melakukan seks anal.
Gunakan kondom dan pelicin yang berbahan dasar air setiap saat Anda melakukan seks anal/vaginal dari awal hingga akhir hubungan seks
Bersikaplah terbuka dan ceritakanlah mengenai masa lalu kehidupan seks dan kesehatan seks Anda pada pasangan.
Jangan menggunakan jarum suntik bersama-sama jika Anda memakai Narkotika.

Dapatkah HIV ditularkan melalui ciuman dan pelukan?

Tidak, karena aktivitas ini tidak memungkinkan darah atau semen yang terinfeksi HIV memasuki aliran darah orang yang akan ditulari/tidak terinfeksi.

Dapatkah HIV ditularkan oleh nyamuk?

Tidak. HIV tidak dapat hidup di luar tubuh manusia dalam waktu lama. Selain itu, nyamuk tidak memasukkan darah ke makhluk hidup lain. Nyamuk hanya menghisap dan ‘memakan’ darah makhluk hidup lain. “H” pada HIV merupakan singkatan dari “Human”, yang berarti bahwa virus tersebut hanya dapat hidup di dalam tubuh manusia dan ditulari dari manusia ke manusia lainnya.

Dapatkah HIV ditularkan melalui penggunaan bak mandi yang digunakan oleh ODHA?

Tidak. Alasannya adalah, bahwa tak ada cairan tubuh ODHA yang memasuki tubuh orang yang tidak terinfeksi/akan ditulari di kamar mandi.

Dapatkah HIV ditularkan melalui penggunaan satu sikat gigi bersama-sama dengan ODHA?

Tidak. Penularan HIV dengan latar belakang rumah tangga (tanpa adanya kontak seksual atau penggunaan jarum suntik bersama-sama) hampir tidak mungkin terjadi. Setelah keluar dari tubuh ODHA, HIV harus mencari cara untuk memasuki tubuh anggota keluarga lainnya. Sangat sulit dibayangkan bagaimana penularan itu bisa terjadi tanpa adanya hubungan seksual atau penggunaan jarum suntik bersama-sama.

Dapatkah HIV ditularkan melalui penggunaan pisau cukur atau benda tajam lainnya secara bersama?

Menurut teori, jika darah segar tertinggal pada benda tajam, kemudian benda itu segera dipakai oleh orang yang tidak terinfeksi HIV, lalu orang tersebut luka akibat benda tajam tadi, maka penularan mungkin terjadi. Namun pada prakteknya, penularan HIV dengan cara ini masih belum terdengar. Meskipun demikian, sekedar untuk memastikan, sarankan ODHA agar tidak menggunakan pisau cukur secara bersama dengan orang lain.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: