Penyakit-Penyakit Khas Pria (bagian 1)

Gaya hidup kaum adam yang kurang sehat saat ini dituding telah menjadi penyebab beberapa gejala penyakit yang mengancam kesehatan bahkan nyawa. Beberapa penyakit tersebut sudah menjadi trade mark penyakit pada pria yang sewaktu-waktu mengancam.

Kebiasaan para pria yang kurang sehat seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dugem, begadang, mengkonsumsi junk foods, kurang olahraga, dan lain- lain menyebabkan beberapa organ tubuh menjadi terganggu dan tidak berfungsi baik. Berikut adalah beberapa penyakit khas yang mengintai para pria.

1. Ejakulasi Dini

Bagaimana mengatasi ejakulasi dini?
Ejakulasi dini terjadi ketika pria mengalami ejakulasi hanya beberapa saat setelah ereksi. Beberapa penyebab ejakulasi dini antara lain: faktor fisiologis, lama tidak berhubungan, penis yang sangat sensitif, kelelahan fisik dan mental, konflik dengan pasangannya (lebih dari 25%) dan sebab organik seperti bekas operasi di daerah perut, infeksi dan kelainan saluran kencing dan kelamin (Prostatitis dan hipertropi prostat, kelainan jantung, saraf dan kelainan metabolisme). Ejakulasi dini dan disfungsi ereksi bisa dikatagorikan dalam bentuk primer dan sekunder. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini. Pertama, dengan sex therapy. Kedua, menggunakan obat untuk mengontrol ejakulasi. Ketiga, dengan operasi syaraf. Cara pertama dan kedua banyak dilakukan dan memberikan hasil yang cukup baik. Tetapi cara ketiga walaupun pernah di lakukan di negara tertentu, sampai kini ternyata tidak populer dan tidak banyak digunakan.

Tindakan untuk memperbaiki ejakulasi dini:

  • Hilangkan konflik dengan pasangan.
  • Sering melakukan hubungan
  • Hilangkan kelelahan fisik dan mental
  • Tingkatkan kebugaran dengan melakukan senam seks atau Kegel exercise, stop, start and squeeze technique.
  • Penggunaan obat anti depresan anti kecemasan, lokal anestesi.
  • Lakukan pemasanan (foreplay) yang cukup.
  • Harus ada keterbukaan untuk menunjukkan daerah yang sensitif

2. Kanker Prostat
Di Indonesia, kanker prostat termasuk dalam sepuluh penyakit ganas pada pria. Gangguan prostat atau yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH) dapat menjadi resiko kanker prostat. Karena itu, usaha pencegahan sedini mungkin sangat diperlukan.

Gangguan pada prostat ada dua jenis yaitu Prostatitis dan BPH-PPJ yang sering disebut pembesaran prostat jinak.

a. Prostatitis, merupakan gangguan pada prostat yang akut dan kronik sehingga sulit untuk diobati. Akibat gangguan ini, seorang pria akan mengalami disfungsi ereksi karena sakit. Dampak lebih jauhnya, gairah seksualnya juga akan menurun. Pria yang menderita gangguan ini, pada saat ejakulasi akan merasakan sakit. Sedangkan ejakulasinya berdarah.

b. BPH atau pembesaran prostat, timbul seiring bertambahnya usia sebab erat kaitannya dengan proses penuaan. 30 persen penderita BPH adalah pria berumur 40 tahunan. Sedangkan 50-75 persen penderita berumur 80 tahunan. Gangguan BPH terjadi karena kelenjar prostat membesar sehingga menjepit saluran urin. Tingkatannya bisa ringan hingga berat. Ada sejumlah tanda awal gangguan pembesaran prostat. Di antaranya pascabuang air kecil (BAK) urin tidak habis dan sering BAK (kurang dari dua jam). Penderita gangguan prostat jenis ini tidak bisa menahan atau menunda BAK. Namun, ketika sudah BAK, arusnya lemah. Penderita juga sering bangun malam untuk BAK. Pada akhirnya, gangguan mengakibatkan urin tersumbat total.

Cara Mengatasi Kanker Prostat:

  • Screening pada kanker prostat yang sebelumnya diawali menjalankan pengobatan penyakit yang berkaitan/ tidak dengan kanker prostat (biasa disebut case finding). Dengan penemuan sedini mungkin ada kemungkinan untuk menghilangkan penyebab penyakit yang bersangkutan.
  • Mengkonsumsi herbal alami seperti saw palmetto, nettle root, dan ekstrak pumpkin seed. Hasil penelitian Urologial Science Research Foundation menyatakan ramuan-ramuan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar prostat dan melancarkan buang air kecil.
  • Mengkonsumsi makanan mengandung fruktosa tinggi (dari buah-buahan) dapat menurunkan risiko kanker prostat.
  • Mengkonsumsi susu kedelai lebih dari segelas sehari dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga 70% karena mengandung isoflavon yang dapat mencegah terjadinya pembesaran prostat. Vitamin A juga merupakan salah satu kelompok senyawa antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.

3. Gangguan Jantung
Penyakit jantung tergolong penyakit yang mengerikan karena secara mendadak dapat menimbulkan kematian. Fungsi seksual dan penyakit jantung mempunyai kaitan, bahkan berkaitan dalam hubungan sebab akibat. Hubungan seksual dapat mengakibarkan serangan jantung karena meningkatkanaktivitas pompa jantung. Sebaliknya penyakit atau gangguan jantung dapat menimbulkan disfungsi seksual karena berhubungan dengan gangguan aliran darah. Gangguan jantung diantaranya diakibatkan penyempitan pembuluh darah (arteriosklerosis). Sekitar 90 persen penyakit jantung koroner disebabkan oleh proses arteriosklerosis. Kardiopati diabetik adalah gangguan jantung akibat diabetes. Glukosa darah yang tinggi dalam jangka waktu panjang akan menaikkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Lama-kelamaan akan terjadi arteriosklerosis. Faktor-faktor penyebab lain adalah kebanyakan lemak, hipertensi, diabetes mellitus (kencing manis), keturunan, kebiasaan merokok, kurang berolahraga, dan kurang beraktivitas fisik.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI

Tindakan pencegahan pada ketiga penyakit diatas bisa dikatakan hampir sama, yaitu:

  • Berolah raga secara teratur
  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Berhenti merokok
  • Minum air putih minimal delapan gelas sehari
  • Mengurangi konsumsi daging dan lemak hewan, karena kandungan lemaknya dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit
  • Banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan khususnya yang mengandung antioksidan tinggi

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: