Latihan Beban: Penting Juga Bagi Anda Yang Ingin Membakar Lemak!

Anda suka melakukan resistance exercise (latihan beban) seperti mengangkat beban, sit up, push up, bench press, leg curl, atau latihan-latihan sejenis guna membentuk tubuh? Kebanyakan orang menganggap latihan jenis ini hanya berguna untuk pembentukan tubuh. Hal ini sama sekali tidak benar!

Latihan beban merupakan latihan daya tahan dengan menggunakan kekuatan untuk mengatasi beban tertentu. Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan seseorang dan membentuk otot. Hanya itu?? Jangan salah, latihan ini juga dapat digunakan untuk membakar lemak.

Benar nggak sih?

Benar ! Selain membakar kalori dan lemak selama latihan, melakukan latihan beban juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh 24-48 jam setelah latihan. Salah satunya adalah meningkatnya konsumsi oksigen setelah melakukan latihan. Dengan meningkatnya konsumsi oksigen, jumlah kalori dan lemak yang terbakar akan meningkat. Melakukan latihan beban juga akan menyebabkan terjadinya penurunan nilai R atau Respiratory Exchange Ratio. Nilai R menunjukkan persentase jumlah lemak dan karbohidrat yang dibakar oleh tubuh. Semakin rendah nilai R, persentase lemak tubuh yang dibakar semakin meningkat.

Jadi, apabila Anda ingin mengurangi lemak tubuh dan membentuk otot, cara yang paling efektif adalah dengan mengkombinasikan latihan beban dengan latihan aerobic tetapi tetap berfokus pada latihan aerobic. Hanya mengandalkan latihan aerobic saja untuk menurunkan berat badan tidak dapat memberikan hasil optimal. Dengan adanya latihan beban, massa otot tetap terjaga dan tidak menyusut saat menjalankan diet dengan kalori terkontrol. Studi juga menunjukkan penyusutan lemak di bagian perut (abdominal) memang lebih efektif apabila melakukan dua kombinasi latihan tersebut.

Setelah target tubuh idaman tercapai, jangan berhenti !! Karena latihan beban sangat bermanfaat di dalam menjaga dan mempertahankan bentuk tubuh ideal yang berotot.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: