Harga Emas Cetak Rekor Baru

JAKARTA,SENIN – Dalam sepekan terakhir, harga emas dalam negeri terus beranjak naik. Hal itu disebabkan harga emas di pasar dunia meroket tanpa kendali. Demikian pantauan Warta Kota di pusat perdagangan emas di Pasar Cikini, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Jika awal pekan lalu harga emas di pasar internasional mencapai 975 dollar AS/troy ounce (31,1 gr), maka pada akhir pekan kemarin telah mencapai 992 dollar AS/troy ounce untuk pasar di Asia. Sedangkan pasar di AS mencapai 1.002 dollar AS/troy ounce. Akibatnya harga (lihat tabel) perhiasan emas di pasar dalam negeri kembali melejit.

Menurut Yuli, pedagang emas di Pasar Cikini, kini harga emas di pasar Asia dan AS berbeda jauh. Padahal, tadinya perbedaan harga relatif tipis yakni sekitar 1 dollar AS hingga 2 dollar AS. “Tampaknya ada pemain internasional yang ingin mengacaukan harga emas. Pedagang sendiri jadi bingung, acuan harga jual pakai harga Asia atau AS. Tapi, karena kondisi perdagangan di dalam negeri lesu, maka pedagang mengacu pada harga di Asia yang lebih murah,” ujar Yuli.

Namun, menurut Yuli, tidak lama lagi harga emas di pasar Asia akan tembus 1.000 dolar AS/troy ounce. Jika demikian, maka harga LM di dalam negeri akan tembus batas psikologis Rp 300.000/gram. “Kenaikan harga sudah di luar kendali. Bayangkan, dalam satu minggu bisa naik segitu besar. Ini sudah tak normal,” tandas Yuli.

Melonjaknya harga emas yang sudah di luar batas normal ini mengakibatkan kondisi pasar kian tak menentu. Pantauan Warta Kota di Pasar Cikini pada akhir pekan, yang biasanya ramai dikunjungi calon pembeli kini menjadi sepi. Transaksi perdaganganpun merosot tajam. “Harganya sudah semakin gila. Konsumen yang tanya harga pada kaget karena harga naik terus,” ujar Agung, pedagang emas lainnya.

Menurut Agung, dalam sepekan terakhir lebih banyak orang yang menjual perhiasannya ketimbang yang membeli. “Dalam seminggu ini ada sekitar 10 orang yang membeli pada saya. Tapi yang menjual lebih dari itu. Karena mereka yang menjual mengaku sedang butuh uang,” ujar Agung.

Dengan kecenderungan harga emas yang naik, kata Agung, saat ini pedagang cukup senang membeli perhiasan milik masyarakat. Karena dengan membeli perhiasan milik masyarakat, pedagang bisa menjual lagi di bawah harga pasar.

Ny Yunti yang ditemui Warta Kota ketika sedang melihat-lihat perhiasan, mengaku ingin membeli sebuah kalung seberat lima gram untuk kado pernikahan kerabatnya. “Saya mau beli karena ada saudara yang mau menikah. Makanya, meski harganya mahal, saya tetap beli,” ujarnya. (VER)

Harga Emas di Pasar Cikini
Jenis                           Harga Lama            Harga Baru
Logam mulia            Rp 288.000/gram   Rp 297.000/gram
Emas 24 karat         Rp 280.000/gram    Rp 289.000/gram
Emas 23 karat         Rp 255.000/gram    Rp 260.000/gram
Emas 22 karat         Rp 210.000/gram    Rp 215.000/gram

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: