Adam Air: Bukan Stop Operasi, Hanya Kurangi Frekuensi

JAKARTA, SENIN — Meskipun dikabarkan akan berhenti operasi sementara, PT Adam Sky Connection Airlines menyatakan masih tetap melakukan operasional penerbangannya. Hanya saja frekuensi penerbangan maskapai yang sering disebut Adam Air ini mulai dikurangi.

Presiden Direktur Adam Air, Adam Adhitya Suherman membantah kalau perusahaannya itu akan menghentikan operasinya. “Dapat berita dari mana kita nggak operasi. Kita tetap beroperasi seperti biasa, hanya saja karena pesawatnya mulai berkurang, maka kita akan mengurangi frekuensi,” kata Adam saat dihubungi PersdaNetwork di Jakarta, Minggu (16/3) malam.

Mengenai jumlah frekuensi dan rute Adam Air saat ini, Adam mengaku tidak tahu secara persis. Namun, Jumat pekan lalu, sumber di Adam Air mengatakan, saat ini Adam Air hanya mengoperasikan tujuh unit pesawat Boeing 737 seri 300 dan 400 dari 23 pesawat yang selama ini beroperasi. Penerbangannya pun dibatasi untuk rute©rute ke Jakarta saja.

Sedangkan untuk rute kota lain sudah tidak dilayani sejak peristiwa terperosoknya pesawat Adam Air di bandara Hang Nadim, Batam. Dari ratusan penerbangan sekarang tinggal 47 penerbangan sehari.

Sumber tersebut mengatakan, pesawat-pesawat lainnya sudah diambil atau dalam persiapan pengembalian kepada lessor di luar negeri. Sedangkan satu pesawat lagi masih tertahan di Bandara Hang Nadim akibat terperosok Senin (10/3) lalu.

Adam mengatakan, pihaknya masih belum mencari investor baru karena saat ini masih terikat dengan investor lama yaitu PT Global Transport Services (GTS) dan PT Bright Star Perkasa (BSP) yang telah menanamkan 50 persen saham di Adam Air.

“Kita masih menunggu surat resmi kemunduran mereka, karena mereka masih mempunyai kewajiban finansial terhadap Adam Air. Penarikan diri tidak bisa dilakukan secara lisan, seperti suami yang mencerai harus disertai surat cerai. Kalau belum ada surat cerainya berarti masih sah suami istri,” kata Adam. Adam berharap agar dua investor yang berafiliasi dengan PT Bhakti Investama Tbk tersebut mau menanggung kewajibannya dengan menyuntikkan dana segar bagi Adam Air yang saat ini sedang kesulitan finansial. (PersdaNetwork/ Hendra Gunawan)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: