Hati-Hati Terhadap Iklan Susu Pembentukan Tubuh

Belakangan ini saya sudah sering menemui banyak teman yang membeli produk-produk susu protein yang katanya bisa membentuk otot atau ada yang bisa menurunkan berat badan karena ‘diiklankan’ seperti itu. Dengan tulisan ini, saya ingin mengklarifikasikan detail dari apa sih sebenarnya yang harus kita lihat dari produk-produk protein seperti itu.

prostar_supplement_fact.jpg

1. Yang namanya susu untuk membentuk tubuh baik untuk menambah otot ataupun untuk menurunkan berat badan, kandungan terpentingnya adalah protein. Kita membeli susu untuk mencari kandungan proteinnya yang tinggi, karena mencari karbohidrat lebih mudah, tinggal makan buah seperti apel atau pisang sudah sangat murah. Semakin tinggi kandungan proteinnya, semakin bagus. Kita mencari produk dengan kandungan protein sebanyak mungkin. Cara menghitung apakah produk tersebut sudah tinggi kandungan proteinnya adalah sebagai berikut. Contoh Prostar Whey 5lbs, Vanilla Ultimate Nutrition:

– Serving size 28.4 grams, ini berarti jumlah bubuk nya 1x minum sebesar 28,4 grams
– Protein 23 grams, ini berarti dalam bubuk sebanyak 28.4 grams terkandung 23 grams bubuk protein.

Kita hitung persentasenya yaitu 23 / 28.4 grams yang hasil nya adalah 80.9%. Kisaran sekitar 80-90% untuk sebuah produk protein adalah sangat bagus. Usahakan cari produk-produk untuk membentuk tubuh dengan kandungan protein sekitar ini.

2. Kemudian ada beberapa produk susu yang dikatakan mengandung l-carnitine untuk membantu membakar lemak. Kadar l-carnitine untuk membakar lemak yang optimal adalah 500mg dua kali sehari bahkan lebih. Produk-produk yang beredar di pasaran banyak yang mengandung l-carnitine dibawah 200mg. Hal ini akan sangat tidak efektif, dosisnya tidak tercapai untuk membakar lemak.

Tugas l-carnitine itu sangat banyak di tubuh dan dibutuhkan dosis cukup tinggi untuk membakar lemak. Kebanyakan produk cuman beriklan bahwa mereka mengandung l-carnitine untuk membakar lemak tetapi tidak pernah mengajarkan berapa besar dosis yang seharusnya untuk membakar lemak. Bahkan ada beberapa produk yang malah mengandung lemak cukup tinggi sebagai produk pembakar lemak. Cek Produk Anda dan bagi yang sudah pernah pakai, apakah ada hasilnya selama memakainya?

3. Ada juga produk yang lebih baru sudah mulai menambahkan CLA, karena memang CLA terbukti secara klinis untuk mengurangi lemak di daerah perut Anda. Tetapi masalahnya, berapa gram sehari ? Uji klinisnya terbukti setelah responden mengkonsumsi 3,5 gram CLA per hari selama 6 bulan. Beberapa produk terbaru sudah menambahkan CLA tetapi kandungannya sangat kecil bahkan biasanya dibawah 200mg atau 0,2 gram saja. Demi membuktikan bahwa mereka sudah memasukkan CLA ke dalam produknya. Apakah ini bisa menurunkan berat badan? Anda sendiri yang tau jawabannya.

4. Kemudian hal yang terakhir, coba cek kandungan karbohidratnya. Kebanyakan produk masih mengandung karbohidrat cukup tinggi. Ketika kita diet, karbohidrat sebaiknya dihindari dan dipilh dari sumber-sumber yang baik seperti beras merah. Karbohidrat dari gula atau sugar sama saja dengan menghancurkan diet Anda karena index glikemiknya yang tinggi dan dapat menaikkan gula darah terlalu tinggi yang akhirnya akan disimpan menjadi lemak juga. 1-2 gram tidak masalah tetapi diatas itu terlalu tinggi untuk yang ingin menurunkan berat badan. Beberapa produk juga sudah tidak mengandung sugar lagi tetapi mereka masih mengandung laktosa yang sangat tinggi. Laktosa adalah gula dalam susu yang sering kali menyebabkan perut kita kembung, kentut dan diare. Bahkan kandungan laktosa ini bisa mencapai kadar 30% dari berat bubuk apabila dihitung dengan cara yang sama tadi. Laktosa adalah sesuatu yang harus dihindari dari suatu produk susu. Teknologi untuk memisahkan laktosa dari produk susu cukup sulit dan mahal. Pilihlah produk-produk susu yang terbaik dengan melihat dari satu komponen ini. Semakin bagus produk biasanya laktosa nya semakin rendah atau tidak ada.

Sekali lagi sebelum memilih produk susu untuk membentuk tubuh baik itu buat cowok atau cewek, untuk menurunkan berat badan atau membentuk otot, perhatikanlah keempat poin di atas, dan putuskanlah yang terbaik untuk Anda dan jangan hanya membeli karena termakan oleh iklan. Good luck.

Our Related Product:

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: