Pria Berpostur Pendek Lebih Cemburuan?

LONDON, RABU – Percaya atau tidak, pria yang memiliki postur tubuh pendek ternyata cenderung memiliki sifat pencemburu.  Sifat cemburu para pria dengan ciri fisik seperti ini terungkap oleh para peneliti lewat sebuah hasil penelitian yang dimuat  majalah New Scientist.

Seperti diwartakan BBC, Rabu (12/3) kemarin, para peneliti dari Universitas  Groningen di Belanda dan Universitas Valencia di Spanyol melakukan survei terhadap 549 responden pria dan wanita.  Survei ini digelar untuk membuat rata-rata seberapa cemburu para responden serta mengidentifikasi sifat yang membuat mereka menjadi sangat tidak aman.

Dari hasil riset terungkap bahwa pria yang bertubuh pendek ternyata merasa paling gelisah dan khawatir akan kekuatan, daya tarik serta kekayaan para pesaingnya.  Namun, pria yang berpostur tinggi justru merasa paling rileks.

Sementara itu, kaum Hawa pada umumnya merasa cemburu dan iri dengan kecantikan serta pesona yang dimiliki para rivalnya.  Namun kecemburuan yang paling kuat ditunjukkan oleh wanita yang tubuhnya termasuk pendek dan tinggi. Wanita yang tingginya  masuk kategori rata-rata, meskipun tidak terlalu pencemburu, namun mereka cenderung merasa paling tidak nyaman dengan rekannya yang memiliki tinggi berbeda.

Diungkapkan pula dari riset tersebut kalau wanita dengan tinggi badan rata-rata, cenderung memiliki tingkat kesuburan yang baik dan sehat. Alhasil, mereka pun cenderung tidak mencemburui  wanita lain.

Sementara itu laporan riset lainnya yang dimuat dalam jurnal Evolution and Human Behaviour, mengatakan para pria bertubuh jangkung menjadi kurang pencemburu karena tinggi badan mereka berkorelasi dengan pesona, kekuasaan dan kesuksesan dalam hal reproduksi.

Peneliti mengatakan, kehidupan binatang telah menggambarkan fenomena tersebut,  di mana para pejantan bertubuh besar cenderung memenangi pertarungan dan memegang kekuasaan serta memonopoli akses terhadap betina. Peneliti juga merujuk pada riset sebelumnya yang menunjukkan bahwa pria bertubuh tinggi  cenderung lebih sukses dalam kariernya dan lebih menarik perhatian para perempuan.

Menurut pimpinan riset, Abraham Buunk, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pria berpostur tingi juga mendapat keuntungan atau menikmati manfaat secara psikologis.

¨Temuan baru ini mengindikasikan bahwa tinggi badan memiliki konsekuensi penting secara psikologis,¨ ujarnya.

Namun para ahli juga mengatakan bahwa ada faktor lain yang memainkan peran dalam mempengaruhi sifat kecemburuan.

¨Kecemburuan adalah salah satu jenis ketakutan.  Ini merupakan kekhawatiran  akan kehilangan seseorang yang Anda cintai.  Salah satu komponen pentingnya adalah pengendalian diri. Tinggi badan memang berkaitan dengan hal ini, tetapi mungkin ada karakteristik lainnya seperti kebotakan.  Kunci penting lainnya adalah seberapa kuat hubungan yang dijalin,¨ terang Simon Gelsthorpe, dari The British Psychological Society.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: