Pemain Ghana Jadi Korban Tindak Rasis

Senin, 10 Maret 2008 | 23:04 WIB

BELGRADE, SENIN – Seorang pemain asal Ghana yang bermain di klub sepakbola di Bosnia menjadi sasaran tindak rasis oleh sekelompok  penggemar sepakbola.

Solomon Opaku yang bermain di klub divisi satu Borac Cacak diserang oleh 10 orang usai sebuah pertandingan liga negara itu, Sabtu lalu. Para penyerang itu juga mengeluarkan kata-kata penghinaan bernada arsis kepada Opaku.

Polisi kemudian menaahn enam orang, dengan empat di antaranya dituduh melakukan  tindak pelecehan etnik dan rasial. Hal ini diungkap oleh media negeri itu, Senin.

“Saya sedang pulang ke hotel dengan dua teman lainnya, saat itu saya merasa dipukul di bagian belakang kepala,” kata pemain bersuia 20 tahun ini. “Saya kira saat itu ada yang sedang bergurau. Namun saat saya menengok, saya sadar ada sekelompok pendukung Borac yang mulai menendang  dan memaki bahwa mereka membenci kulit hitam.”

“Teman-teman dan seorang anggota polisi kemudian berusaha melindungi saya dan membawa saya ke rumah sakit. Saya ingin segera pulang secepatnya,” kata Opaku.

Dua tahun lalu, belasan pendukung Borac memaki-maki striker asal Zimbabwe, Mike Tamwanjira. Ia kemudian meninggalkan Serbia setelah kejadian itu.

Tahun lalu, asosiasi sepakbola Serbia terkena hukuman setelah para pendukung timnas negara tersebut menlakukan penghinaan secara rasial kepada para pemain timnas U-21 Inggris yang berkulit hitam saat berlangsungnya kejuaraan Eropa di Belanda. (Cay).

No comments yet

Leave a Reply

