Insiden Hang Nadim akan Persulit Maskapai Indonesia

Senin, 10 Maret 2008 | 14:08 WIB

JAKARTA, SENIN — Asosiasi Perusahaan Penerbangan Sipil Indonesia (INACA) menyayangkan terjadinya peristiwa pesawat AdamAir yang terperosok di bandara Hang Nadim Batam. Peristiwa tersebut bisa saja menyulitkan maskapai-maskapai Indonesia untuk lolos dari blacklist Uni Eropa bila terbukti maskapai bersangkutan tidak mematuhi aturan pemerintah.

Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanuddin mengatakan, peristiwa ini patut disayangkan. Karena dalam dua pekan ini sudah ada dua peristiwa insiden pesawat.

“Harus ada penyelidikan yang menyeluruh dan tuntas. Karena ini menyangkut masalah penerbangan nasional,” kata Tengku kepada PersdaNetwork di Jakarta, Senin (10/3).

Menurutnya, bila kejadian tersebut karena faktor human error, maka ini akan mempersulit pemerintah Indonesia untuk meloloskan diri dari daftar hitam penerbangan
Komisi UE itu.

“Apakah ini karena ada faktor tidak comply (taat aturan) atau karena faktor cuaca buruk, kalau karena tidak comply ya itu akan mempersulit kita,” tandasnya.

Akan tetapi, Tengku mengharapkan kejadian tersebut bukan disebabkan oleh human error. Menurutnya, cuaca pada saat pesawat mendarat sangat buruk. “Mungkin karena licin jadi tergelincir, ” kata Tengku. (PersdaNetwork/ Hendra Gunawan)

2 comments so far

  1. arba7k on
  2. indra rama hendrik on

    hi juga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: