Cara Menghadapi Prilaku Anjing Yang Mengganggu

Anda mencintai anjing Anda, tapi kadang-kadang dia benar-benar bisa menyebalkan bukan? Jika Anda mengetahui apa yang menyebabkan prilaku yang menganggu ini, Anda mungkin bisa saja mengatasinya dengan mudah.

Menggali

Sebagian anjing sangat menyukai menggali lubang disana-sini. Alasan mereka untuk melakukan hal ini bervariasi, tergantung dari ras dan situasinya. Anjing Anda bisa saja menggali lubang hanya karena bosan. Dan jika Anda rasa ini kasusnya, solusinya simple saja, ajak anjing Anda berolahraga, berjalan-jalan, atau bermain-main lebih sering. Aktivitas ini akan menghabiskan energinya, dan dia akan menjadi terlalu capai untuk menggali. Mungkin juga anjing jantan Anda menggali untuk bisa berdekatan dengan anjing betina tetangga Anda yang sedang loops. Jika ini kasusnya, mengkebiri anjing jantan Anda bisa menyelesaikan masalah. Jika anjing Anda menggali lubang untuk mengubur sesuatu atau hanya karena senang menggali maka berikan dia satu area dimana dia bisa menggali sebebas-bebasnya. Lindungi sisa halaman Anda dengan menyemprotkan spray khusus disekeliling area-area yang anda ingin lindungi.

Menggonggong

Seekor anjing yang menyalak terus-terusan tanpa alasan yang jelas, bukan hanya masalah untuk pemiliknya tapi juga bagi tetangga-tetangga Anda. Alasan kenapa mereka melakukan hal itu biasanya hanya karena bosan dan kesepian. Pernahkah tetangga Anda memberitahu bahwa anjing Anda menyalak sepanjang hari saat Anda sedang bekerja. Jika demikian, maka mungkin Anda harus menitipkan anjing anda di tempat penitipan anjing. Disana akan banyak aktivitas yang bisa membuat dia sibuk sepanjang hari dan juga banyak anjing lain yang bisa menemaninya bermain. Yang mungkin menjadi masalah adalah jarangnya tempat penitipan anjing di Indonesia. Jika disekitar Anda tidak ada tempat penitipan anjing, maka pastikan anjing Anda mempunyai banyak mainan agar dia tidak bosan saat Anda tidak ada di rumah. Anda juga dapat membiarkan televisi atau radio Anda tetap menyala saat Anda pergi – mendengar suara manusia bisa membuat anjing Anda tidak merasa begitu kesepian.

Melompat

Anda mungkin berpikir bahwa merupakan suatu hal yang menggemaskan jika anjing Anda yang besar itu menyambut Anda di depan pintu dengan cara melompat ke tubuh Anda dan menjilati wajah Anda, tapi bukan itu pastinya yang dirasakan oleh tamu Anda jika hal yang sama terjadi ketika dia sedang mengunjungi Anda. Saat anjing kecil melompat ke tubuh Anda mungkin akan berpikir “aduhh lucunya..”, karena Anda bisa mengontrol dia dan lagi pula, tenaganya juga tidak cukup besar untuk membuat Anda terjatuh. Tapi tidak begitu halnya dengan anjing dewasa. Pengalaman di “naiki” oleh seekor anjing besar bukanlah suatu pengalaman yang oleh orang-orang, bahkan pecinta anjing sekali pun, nikmati. Jadi, bagaimana caranya agar anjing Anda berhenti melompat saat menyambut Anda dan tamu Anda? Latihan yang terus menerus merupakan jalan satu-satunya. Idealnya, Anda harus menghentikan prilaku ini sejak anjing Anda masih kecil. Jika Anda tidak sanggup untuk membuat anjing Anda berhenti melompat ke tubuh orang, maka sangat disarankan Anda memasukkan anjing Anda ke sekolah kepatuhan.

Mengabaikan Perintah

Sering kali, anjing tidak mematuhi pemiliknya karena mereka tidak yakin apa yang diharapkan dari mereka. Untuk membuat anjing Anda selalu patuh pada perintah Anda, Anda harus menyediakan banyak waktu untuk melatih dia. Latihan kepatuhan seharusnya dimulai pada saat anjing anda kecil dan terus digalakkan seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa pemilik anjing bisa melatih anjing mereka tanpa bantuan dari luar, tapi banyak juga yang merasa perlu untuk mendaftarkan diri mereka dan anjing mereka ke sekolah kepatuhan. Jika Anda bisa berkomunikasi secara efektif dengan anjing Anda, maka Anda akan lebih menikmati kebersamaan yang Anda miliki dengan anjing Anda.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: