Kurang Tidur Membuat Anda Gemuk?

Meningkatnya obesitas belakangan ini bisa jadi sebagian dikarenakan berkurangnya waktu tidur kita. Dr. Shahrad Taheri dari Universitas Bristol dan kole-ganya di Amerika Serikat meneliti peran dua hormon kunci yang mengatur selera makan, ghrelin
dan leptin. Ghrelin meningkatkan rasa lapar, sedangkan leptin menekan nafsu makan.
Mereka yang biasa tidur lima jam/hari diketahui memiliki 15% lebih banyak ghrelin dibandingkan mereka yang tidur delapan jam. Mereka yang tidur lima jam juga memiliki 15% lebih sedikit leptin. Perubahan hormonal ini menyebabkan meningkatnya rasa lapar dan membuat Anda secepatnya mencari makanan.
Dr. Taheri, yang memimpin penelitian mengatakan, “Kami menemukan bahwa mereka yang tidur lebih sedikit mempunyai kadar leptin yang rendah dan kadar ghrelin yang tinggi. Kondisi ini akan meningkatkan selera makan dan karena makanan mudah ditemukan dimana-mana, hal ini berperan menyebabkan obesitas.

Individu yang tidur kurang dari delapan jam terbukti berpeluang lebih besar untuk bertubuh gemuk. Tidur nyenyak yang dipadu dengan gaya hidup sehat penting untuk melawan obesitas. Dr. Taheri dan rekannya dari Universitas Stanford dan Wisconsin meneliti relawan yang memiliki masalah ketika tidur. Para partisipan secara berkelanjutan diawasi ketika tidur dan kebiasaan tidurnya dilaporkan melalui kuesioner dan catatan tidur harian. Selama 50 tahun terakhir kita telah mengurangi waktu tidur sebanyak dua jam tiap malam karena kesibukan. Penelitian ini menyimpulkan kekurangan waktu tidur dapat berkontribusi menyebabkan obesitas. (sciencedaily)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: