Pelangi Nutrisi Untuk Panjang Umur

Anda mungkin sudah merasa cukup mengkonsumsi nutrisi mulai dari buah-buahan, sayur-mayur dan biji-bijian alami untuk kebutuhan tubuh Anda. Tetapi jika anda mengkonsumsi nutrisi yang sama jenisnya terus-menerus setiap hari selama 7 hari seminggu, maka itu artinya tidak sehat! Keragaman jenis nutrisi yang Anda konsumsi adalah salah satu cara yang sangat penting untuk menjaga organ-organ internal tubuh anda tetap sehat.

Berikut adalah pembahasan mengenai cara mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi yang benar agar anda tetap sehat dan berumur panjang menurut Dr. Maoshing Ni, seorang dokter ahli pengobatan China generasi ke-38 dan juga ahli dalam bidang pengobatan anti penuaan dini menurut ajaran Tao. Ia juga seorang ahli acupuncture berlisensi di California, USA., dan spesialis anti penuaan berlisensi dari American Board of Anti-Aging Health Practitioner. Ia membuka praktek di Tao of Wellness di Santa Monica, USA., yang mengkhususkan pada penyembuhan dan pencapaian kesehatan yang optimal. Ia juga pendiri, mantan pimpinan, dan sekarang rektor dari Yo San University of Traditional Chinese Medicine di Los Angeles, USA.

Temukan Keragaman Nutrisi

Ketika Anda mengkonsumsi makanan bernutrisi yang sama jenisnya dari hari ke hari dan hanya yang itu-itu saja, maka tubuh Anda akan berkembang menjadi tidak seimbang dan dapat memicu penyakit. Jangan biarkan sistem pencernaan Anda menjadi tempat tumbuhnya infeksi/ pembusukan. Kombinasikan jenis nutrisi Anda! Menurut tradisi pengobatan China, terdapat lima elemen energi yang menciptakan jagat raya, seperti halnya tubuh kita.

Kelima elemen energi tersebut adalah : kayu, api, bumi, logam dan air. Masing-masing elemen energi tersebut mewakili sebuah warna yang cocok. Misalnya kayu cocok dengan warna hijau, api dengan warna merah, bumi dengan warna kuning dan oranye, logam dengan warna putih dan terakhir air dengan warna hitam, biru dan ungu. Sebuah diet makanan bernutrisi yang seimbang terdiri dari memakan jenis nutrisi dari setiap warna tersebut setiap hari.

Sayur-mayur

Cobalah mengkonsumsi sayur-sayuran yang mewakili kelima elemen energi dan warna-warnanya tersebut. Untuk warna hijau (kayu), pilihan Anda adalah asparagus dan sayur-mayur berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli dan kangkung. Sayur-sayuran dalam kelompok warna merah (api) adalah cabe merah, paprika merah dan bit merah. Untuk sayuran berwarna kuning dan oranye (bumi) makanlah labu oranye, labu kuning dan ubi rambat. Untuk sayuran berwarna putih (logam) adalah bunga kubis/ kol, bengkoang dan lobak. Dan untuk sayuran berwarna gelap (air) contohnya adalah terong ungu, rumput laut dan jamur hitam.

Buah-buahan dan Kacang-kacangan

Pelangi nutrisi Anda juga termasuk berbagai macam buah-buahan dan kacang-kacangan. Untuk warna hijau (kayu) : jeruk lemon dan melon sebagai buahnya; lalu biji labu dan pistachios sebagai kacang-kacangan dan biji-bijiannya. Untuk buah berwarna merah (api) : apel, tomat dan ceri; lalu kacang merah dan kemiri merah sebagai jenis kacang-kacangannya. Untuk buah-buahan kuning dan oranye (bumi) : mangga, jeruk dan pepaya; untuk kacang-kacangannya : kacang mete dan kacang almond. Untuk buah-buahan berwarna putih (logam) : pear dan pisang; untuk kacang-kacangan : kacang tanah, kacang macadamia dan kacang pinus. Kemudian buah-buahan berwarna gelap (air) : anggur, blueberry, blackberry, buah ara dan kismis. Untuk kacang-kacangan dan biji-bijiannya adalah : kenari, chestnut (kastanye/ berangan) dan flaxseed (biji rami).

Buncis dan Padi-padian

Jangan lupa untuk makan beragam warna buncis dan padi-padian. Untuk jenis buncis warna hijau (kayu) : kacang panjang, kacang buncis, kacang hijau, kacang polong, miju-miju dan gandum/ serealia untuk jenis padi-padiannya. Untuk jenis buncis yang berwarna merah (api) : miju-miju merah dan kacang merah; untuk biji-bijiannya : bayam biji (amaranth) dan gandum buk/ soba. Untuk jenis buncis warna kuning/ oranye (bumi) : kacang koro/ kacang lima; lalu jagung dan millet untuk jenis padi-padiannya. Jenis buncis warna putih (logam) : kacang kedelai; jenis padi-padiannya : beras dan jelai. Lalu jenis buncis warna hitam (air) : kedelai hitam dan kinoa; dan beras hitam sebagai jenis padi-padiannya.

Resep Campuran Nutrisi Bertenaga dari Dr. Mao

Konsumsilah kombinasi antara blueberry kering, goji berry kering, kenari mentah, biji labu dan kacang pinus dalam jumlah yang sama. Kombinasi jenis nutrisi ini dapat diblender sebelum dikonsumsi atau dimakan langsung. Kombinasi jenis nutrisi ini dapat disimpan di plastik yang dapat ditutup kembali sehingga dengan praktis dapat Anda simpan dalam lemari pendingin untuk dikonsumsi kembali sewaktu-waktu. Goji berry kering dapat dibeli di toko-toko makanan kesehatan. Jika tidak tersedia dapat diganti dengan cranberry.

Dengan mengkonsumsi kombinasi nutrisi buah-buahan dan kacang-kacangan tersebut Anda akan mendapatkan asupan energi yang tinggi. Namun perlu diingat, untuk jenis nutrisi kacang-kacangan dan padi-padian mengandung lemak yang tinggi, jadi sebaiknya dibatasi hanya ΒΌ mangkuk atau cangkir per hari saja.

Dengan mengikuti resep dari Dr. Mao ini maka Anda akan mendapatkan sekitar 600 karoten, yang merupakan antioksidan kuat yang mampu membersihkan radikal bebas untuk mencegah timbulnya kanker sehingga membuat Anda dapat melihat, mengecap, mendengar dan tentu saja hidup lebih baik. Semoga Anda hidup lebih lama, lebih kuat dan lebih bahagia!

sumber : sportindo

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: